Modem Speedy Rawan Disambar Petir

Posted by Unknown Sabtu, 30 Agustus 2014 1 komentar
Modem Speedy Kena Petir
Modem atau perangkat keras yang bekerja sebagai modulator-demodulator yaitu alat komunikasi dua arah yang bertujuan untuk membawa informasi atau data dari komputer satu dengan komputer lainnya dalam jarak yang jauh. Fungsi modulator berfungsi untuk mengubah informasi/data ke dalam sinyal pembawa, sedangkan fungsi demodulator bertugas untuk memisahkan informasi dari sinyal pembawa ke dalam bentuk data yang dapat dibaca kembali oleh komputer. Modem Speedy menggunakan teknologi modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu teknologi DSL yang bersifat asimetris yang dapat membawa data/informasi dengan kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Modem Speedy inilah yang bertugas untuk menerjemahkan informasi yang dihantarkan oleh kawat telepon dari dunia internet ke komputer kita dan sebaliknya. Perangkat modem ini pun dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama (bertahun-tahun) tanpa mengalami kerusakan walaupun tetap dalam kondisi hidup terus menerus tanpa pendingin apa pun, namun Modem Speedy ini mudah sekali rusak jika terkena sambaran petir yang mengandung muatan listrik dengan kekuatan yang amat besar.

Petir adalah kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif (+) dan negatif (-) (menurut KBBI). Petir biasa disebut juga dengan guruh, geluduk, guruh, dan lain-lain yang biasa didahului dengan kilatan di udara atau halilintar/kilat/mata petir. Hal ini terjadi akibat terjadinya perbedaan potensial antara awan yang ada di angkasa, yaitu di mana awan bermuatan listrik negatif (-) bertemu dengan awan yang bermuatan positif (+), menurut hukum fisika jika terjadi perbedaan potensial yaitu terjadinya perbedaan tegangan di mana listrik dengan tegangan tinggi (+) mengalir ke listrik tegangan rendah (-). Jika terjadi hujan, maka pemisah potensial listrik di awan ini akan berkurang sehingga mudahnya terjadi aliran listrik. Pertemuan antara awan bermuatan listrik positif ke negatif tidak bisa dielakkan dan menimbulkan bunyi dentuman yang keras. Terjadinya pertemuan ke dua listrik ini akan menampilkan kilatan cahaya (halilintar) di angkasa dan bunyi yang keras (petir). Halilintar dan petir ini terjadinya secara bersamaan, namun kecepatan cahaya lebih cepat dibandingkan dengan suara, maka yang nampak dan terdengar dengan kita ketika sampai ke bumi adalah cahaya baru kemudian suara. Dan ada daerah-daerah tertentu yang rawan petir dibandingkan tempat lainnya.

Setiap pengguna TELKOM Speedy akan dilengkapi dengan modem ADSL atau modem Speedy yang terhubung ke jaringan telepon rumah, dari modem ini sinyal diteruskan ke komputer menggunakan teknologi LAN atau (kabel) maupun WLAN (tanpa kabel) yang biasa menggunakan teknologi WiFi. Sehingga komputer yang terhubung dapat berselancar ke internet dengan menggunakan kecepatan yang tinggi dan stabil. Karena jaringan internet pakai kabel lebih cepat dan stabil dibandingkan tanpa kabel, seperti jaringan TELKOM Speedy yang menggunakan kabel telepon rumah.

Kembali ke judul di atas, Modem Speedy rawan kena petir atau disambar petir. Hal ini sudah pernah dialami oleh modem speedy penulis sendiri. Sebelum berada di tempat yang baru modem Speedy tidak pernah disambar petir. Namun, ketika berada di tempat yang baru dalam waktu kurang dari satu tahun sudah dua buah modem Speedy penulis yang rusak karena sengatan listrik dari petir sehingga tidak dapat digunakan sama sekali.

Modem yang pertama rusak masih ringan yaitu hanya lampu "internet" yang tidak mau hidup, namun sampai saat ini belum bisa digunakan. Selang beberapa bulan modem yang kedua juga terkena petir. Sewaktu modem yang kedua disambar petir, tiba-tiba terdengar bunyi keras yang datang dari arah modem speedy dan TV karena letaknya yang berdekatan, waktu itu listrik PLN sudah mati/padam sebelum kejadian namun kabel listrik dan kabel dari tiang telepon belum dilepas. Setelah listrik hidup, saya pun mencoba untuk mengecek peralatan manakah yang menimbulkan bunyi keras ketika ada petir tadi. Apa yang terjadi, modem tidak bisa hidup sama sekali (lampu power, dll) tidak ada yang menyala. Setelah dicoba pakai kabel power modem yang lain, tetap tidak menyala sama sekali. Kamudian kabel power dicoba dengan modem yang lain juga tidak berfungsi. Jadi, pada sambaran petir kedua ini, kabel power modem dan modem jadi rusak total dan tidak berfungsi sedikit pun. Beruntung masih ada modem cadangan, sehingga aktivitas berinternet masih berjalan.

Jika ada hujan yang disertai petir, sebaiknya semua kabel yang terhubung ke Modem Speedy harus dilepas, agar modem selamat dari sambaran petir. Demikian informasi Modem Speedy Rawan Disambar Petir.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Modem Speedy Rawan Disambar Petir
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/08/modem-speedy-rawan-disambar-petir.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks gan

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.