Tinta Printer Tidak Keluar atau Macet (Tidak Ada Tulisan)

Posted by Unknown Rabu, 03 September 2014 43 komentar
Printer Macet
Printer merupakan perangkat keras yang terhubung ke sebuah komputer yang digunakan untuk mencetak atau menampilkan apa yang ditampilkan di layar komputer ke selembar kertas atau lebih. Zaman sekarang pembuatan dokumen banyak menggunakan komputer, karena lebih praktis dan mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan pengetikan dibandingkan dengan menggunakan mesin ketik manual. Selain tulisan, gambar dan foto pun dapat dengan mudah dicetak oleh pengguna komputer dengan menggunakan printer tanpa harus datang ke tempat pencetakan foto. Namun, printer hanyalah sebuah perangkat yang tentu juga akan mengalami banyak masalah, di antaranya tinda printer tidak keluar atau tidak dapat menulis di kertas alias macet.

Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair, cara kerja printer ini dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas yang dijadikan tempat pencetakan melalui lubang pipa yang kecil atau mulut semprot (nozzle). Hasil cetakan dengan menggunakan tinta cair ini butuh waktu beberapa detik sebelum tintanya menjadi kering dan tidak rusak jika disentuh. Namun, printer ini juga sering mengalami kerusakan yaitu terjadinya penyumbatan pada saluran maupun tempat penyemprot tinta, biasanya akibat banyaknya penumpukan tinta yang mengering pada saluran tersebut yang membuat tinta tidak hanya keluar sedikit (putus-putus) bahkan tidak dapat keluar sama sekali (tidak ada tulisan yang tampil). Printer inkjet ini lebih banyak digunakan saat ini, karena harganya lebih murah dan sudah dapat mencetak tulisan dan gambar/foto. Dua produsen tinta inkjet yang banyak beredar di pasaran yaitu merek hp dan Cannon.

Permasalahan printer macet atau cartridge printer cannon macet atau tidak mau mengeluarkan tinta atau tulisan pada kertas dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini:
  1. Pastikan tinta masih ada, coba diingat-ingat kembali kapan terakhir mengisi tinta ke dalam tabung tinta (cartridge) dan berapa banyak yang sudah dicetakknya. Jika sudah waktunya mengisi tinta, silakan isi tinta ke dalam tabung maksimal sekitar 3 ml, jangan berlebihan, karena tinta akan meluap dan bocor pada bagian bawahnya. Jika menggunakan sistem infus, cek apakah tinta dalam botol masih ada atau sudah habis, pastikan aliran tinta pada selang tidak ada yang terputus oleh gelembung udara, jika ada gelembung udara, buka penutup tabung infus dan coba keluarkan udara yang terperangkap pada selang infus.
  2. Jika tinta sudah ada, namun tetap tidak keluar. Coba lepaskan cartridge dan lihat pada bagian bawahnya (head) apakah ada tinta, atau tintanya meluber, coba dilap dengan kertas tisu secara lembut, kemudian pasang kembali cartridge ke tempatnya. Lakukan tes cetak kembali.
  3. Setelah dicoba tetap tidak mau keluar tulisannya, coba di tingkatkan kualitas cetakknya ke yang lebih tinggi (high) dari menu Properties, kemudian pilih tab Utama atau Advanced, selanjutnya ganti dari Standar (N) menjadi Tinggi atau High (G). Tekan tombol OK, dan coba lakukan pencetakan kembali.
  4. Jika masalah belum juga teratasi, coba lakukan pemeriksaan mulut semprot dari tab Maintenance atau Perawatan, selanjutnya pilih tombol "Pembersihan" maupun "Pembersihan Tingkat Dalam". Apakah sudah dapat menampilkan tulisan pola kotak-kotak, jika iya, coba lakukan pencetakan kembali.
  5. Jika tinta belum juga mau keluar atau tidak ada tulisan sama sekali, coba bersihkan cartridge dengan cara merendam bagian bawahnya ke dalam air panas atau ke dalam cairan pembersih khusus tinta mampet atau nyumbat. Jika belum juga berhasil coba buka penutup cartridge bagian atas dengan benda pipih dan cuci bagian dalam cartridge serta lepaskan dan bersihkan juga busa yang ada di dalamnya dari tinta serta bagian bawah/tempat tinda keluar juga dibersihkan dengan air keran yang mengalir deras. Selanjutnya dilap atau keringkan sisa-sisa air, selanjutnya diisi kembali dengan tinta sekitar 2-3 ml, dan lakukan pencetakan ulang. Jika belum berhasil, coba ulangi langkat pembersihan seperti di atas yaitu dari tab "Maintenance/Perawatan". Biasanya tulisan akan keluar.
Demikian cara mengatasi tinta printer tidak keluar atau tidak ada tulisan alias macet.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tinta Printer Tidak Keluar atau Macet (Tidak Ada Tulisan)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/09/tinta-printer-tidak-keluar-atau-macet-tidak-ada-tulisan-.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

43 komentar:

Unknown mengatakan...

print qita baru tpi gk bisa di gunakan dgan baik
spt:jika mengeprint tdak ada tulisanya kertasnya kosong.......
apa yang hrus d lakukan..........???????

mkch.........

Unknown mengatakan...

mksih

Unknown mengatakan...

Misi gan, izin share ya...

Epson TM-U220D (Manual) - Printer Kasir (Dark Gray)
Price Rp 2.130.000

Spesifikasi :

>>> Printer TypePOS receipt printer - Dot-matrix - Dot-matrix - 9 pin - Color - Color
>>> Max Media Size (Standard)Roll (3 in) Roll (7.6 cm)
>>> Connectivity technologyWired
>>> Max speed6 lines/sec
>>> Printer / USB
>>> Dimensions (WxDxH)6.3 in x 9.8 in x 5.5 in
>>> 1 Year Warranty


Pusat Belanja Komputer

Terimakasih.... :)

Unknown mengatakan...

http://www.danzierg.com/2014/08/mengatasi-error-e5-e8-pada-printer.html

Unknown mengatakan...

Bagus sekali artikelnya, sangat bermanfaat buat saya.
kunjungi blog saya juga ya, di Printer L800

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak untuk solusinya

Cara Tercepat Reset Printer Canon MP287 mengatakan...

punya saya sama sekali tdk keluar tulisan sdh saya ambil dari katrig dari print lain yng masih bagustulisannya, saya pasang ke print dan saya takar pakai print tsb tidak keluar apabisa boot yang bermasalah

\

Unknown mengatakan...

makasih infonya gann.....
uda ane coba.. Alhamdulillah.. berhasil... 80%

Geomalia di Lore Lindu mengatakan...

thanks bro, printernya dah normal

Unknown mengatakan...

udh bisa gan, tapi klo pake mode high quality, apa nanti printer gak cepat rusak? tanggapannya gan.. terima kasih

Unknown mengatakan...

secara manual sdah di test dengan mencoba menemplekan kertas di permukaan kepala head. dan ada bekasnya ada atau bisa dikatakan keluar. namun saat digunakan untuk print hasil cetak tetap tidak keluar. ada solusikah?

SDN Wanajaya 2 mengatakan...

permasalahan saya mirip dg mas Budi Prasetyo,, kalo melalui maintenace Nozzle Check hasil print muncul tapi kalo print dokumen/file hasil print tidak muncul... mohon solusinya.. makasih

Unknown mengatakan...

para agan agan mohon bantuannya..
saya punya printer fuzi xerox m 215 b, setiap melakukan print atau pun scan kertas keluar tetapi tidak ada tulisan dan muncul pada layar printer tulisan cek paper and load paper dmana paper setiap prin keluar dan blank.

Unknown mengatakan...

Gan l800 ane dah ganti head dan ganti kabel ttp gak keluar tinta.selang jg gak bntu.catrit penuh tinta.cuma awalnya transistor mainboard prnh terbkar.tp dah ganti.dan prnah ane turunkan dari kesing.cex dipc nrml semua.ada slusi gak gan?

Unknown mengatakan...

Kalo ada solusi dishare gan kasus ane dong.thanks

Unknown mengatakan...

udah ganti cadridge tetap ga bisa gan , ampas banget :( :(

Cara Tercepat Reset Printer Canon MP287 mengatakan...

KALO PUNYA SAYA SUDAH GANTI-GANTI KATRIG TETAP TIDAK KELUAR TULISAN, KATRIG YANG KAMI PUNYA KATRIG 810 CANNON PUNYA, SUDA DIAMBIL DARI KATRIG LAIN YANG BAGUS, TAPI JIKA DIMASUKKAN KE PRINT SAYA TATAP KOSONG, COBO GIMANA SOLUSINYA TANPA GANTI PINT

Tips Trik Bunda mengatakan...

Maaf nih gan saya punya printer TM-U220D coba saya konekin ke win7 kok gak bisa ya... saya coba buka di Devices and Printer sudah terdeteksi tapi setelah dicoba untuk print statusnya printing tp printer tidak merespon apa2. Apa ada settingan khusus?

www.duniapanda.com

bilawal mengatakan...

Service komputer Panggilan

Kami melayani jasa service komputer panggilan
Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
Hub angga komputer


Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

Software :
1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


Hardware :
1. Mati total
2. Tidak Tampil
3. Bunyi Bunyi
4. BlueScreen
5. Lemot
6. Tidak Bisa Masuk Windows
7. Sering Hang,Restart
8. Installasi Lan/Wireless

Silahkan Hubungi Kami
Bilawal.rifai96@gmail.com
angga komputer

Alma Alpiana mengatakan...

Kenapa pas sudah diprint malah tulisannya terpotong2 padahal sudah diisi penuh. Mohon bantuannya

Unknown mengatakan...

Kunjungi web kami www.yuyuncomputer.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Thank you so much hope Allah bless you.. aku udah panic kenapa tintanya ga keluar2, finally last option rendam pake air panas and taraaaa tinta nya keluar.. thank you so much thank you so much for sharing, semoga semakin berkah ilmu nya Amin..

Ukhty Imah mengatakan...

Alhamdulillah, makasih banyak atas tipsnya, sangat membantu printer sy..

Unknown mengatakan...

thankyouuu...
info nya sangat bermanfaat...

Aulia Bambang mengatakan...

print saya sudah berkali-kali di tekan untuk print tapi tidak keluar-keluar alias tidak gerak sama sekali. yang terjadi malah lampu orens yang nyala mulu, itu kenapa yah? makasih sebelumnya

Alkhawarizmah mengatakan...

makasih infonya

Unknown mengatakan...

Gan printer saya cannon ip2770, tinta hitam nya kan habis, trus udh saya isi tapi kok kyak ga masuk tinta nya gan,udh saya coba print berkali", tetap aja sama dgn yg sblumnya, tinta hitam nya ga ada, padahal udh di isi penuh.mohon jwbnnya ya gan...thanks

Blognya Jumroni mengatakan...

Anda Hanya copas.. ini, pertanyaan tman2 ga ada jawaban,

writter_ndy mengatakan...

mkasih byk 100% berhasil :)

Unknown mengatakan...

Dari : lili sofyanti
Mba Selvi M,
Saya sudah rendam catrige dengan air panas,dan setelah itu saya bersihkan tempat keluarnya tinta dengan tisu dan setelah itu saya coba cleaning,tapi kenapa ya,hasil tulisannya tetap terputus.
Mohon solusinya Mba?

Laura Dwi Septiana mengatakan...

printer punya ku juga gamau keluar tinta, krn kemarin habis buat cetak foto. gimana yah solusinya min thx

Mzdi mengatakan...

Aku sudah pembersihan tingkat dalam juga ngak mau keluar tinta saat
Ngeprint
Sesuatu

Camelia Veronica mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
LinkAlternatifBolaTangkas mengatakan...

Situs Bandar Taruhan Agen Judi Bola Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
Segara Daftar kan Diri Anda Di Link Bawah Ini :

Judi Onlline Fortunebet99

SITUS LIVE STREAMING BOLA TERUPDATE DAN TERLENGKAP DAPAT DI LIHAT DI :

Streaming Bola

SITUS LIVESCORE TERLENGKAP DAN TERUPDATE DAPAT DI LIHAT DI >>>

Lihat Score Bola

KUMPULAN PREDIKSI BOLA YANG TERLENGKAP DAN TERPERCAYA YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI :

Prediksi Bola

KUMPULAN PANDUAN JUDI UNTUK KEMENANGAN BESAR ANDA YANG BISA ANDA KUNJUNGI DI :

Panduan Judi Onlline

Unknown mengatakan...

Sama masalahnya seperti saya gan. punya agan sudah bisa belum, kalau sudah bisa solusinya dong, please..

Paipai mengatakan...

makasih atas infonya
power supply hp

Unknown mengatakan...

Terimakasih sanggat membantu 😇

keyza offset mengatakan...

Sudah dipraktekkan tinta masih belum keluar, pdhl pake tisu mrembes keluar, catridge canon ip 2770, solusinya gan

chintia lim mengatakan...

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

918Kiss mengatakan...

Can you please provide more information joker123 apk 2019 on this subject BTW your blog is great. Cheers.

SCR888 Cafe mengatakan...

If you could message me with online game casino malaysia gw99 any hints & tips on how you made your blog look this cool, I would be appreciative!Great blog you have here - market is very slow - Hopefully things will begin picking back up

Scr888 Malaysia mengatakan...

scr 888 thanks… I’ve been bookmarking them scr888 Malaysia for a while scr888 apk now and just decided scr888 casino to create a post to provide scr888 kiosk them to others…

Unknown mengatakan...

Printer L120. Aaat pencetakan tintanya tdk keluar... Mohon info

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.