Cara Menambal Ban Tubeless dengan Lem

Posted by Selvi M. Selasa, 24 September 2013 18 komentar
Cara Menambal Ban Tubeless dengan Lem
Ban Tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam dan memiliki daya tahan ketika tertusuk benda tajam yang tidak merobek ban. Ketahanannya adalah jika benda seperti paku tersebut masih menusuk ke dalam ban, maka ban belum langsung kempes atau habis anginnya. Cara menambal Ban Tubeless dengan mudah dengan hasil yang memuaskan dapat dilakukan sendiri tanpa harus merusak ban tersebut. Dalam menambal kita tidak akan menggunakan cara menambal tubeless yang sering merusak keutuhan ban yang ditambalnya karena tidak memberikan lubang yang lebih besar lagi terhadap ban yang pecah atau tertusuk paku tersebut. Dan lebih mudah dan praktis karena tidak perlu pergi ke bengkel dan dapat dilakukan sendiri.

Ban Tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam (tube) karena pentil dipasang langsung ke dalam ban luar. Ban jenis ini memiliki kelebihan jika dibandingkan ban biasa, terutama jika terjadi penusukan oleh benda runcing seperti paku, karena angin tidak akan langsung habis terbuang dan perjalanan pun dapat dilanjutkan sampai puluhan kilometer. Proses penambalan ban tubeless pun tidak perlu melepas ban tersebut, karena dapat langsung dilakukan ketika ban terpasang.

Cara menambal ban jenis ini biasanya dengan cara menusuk kembali ban tersebut dengan alat khusus perlengkapan panambalan ban tubeless untuk memperbesar lubangnya agar bisa memasukkan serabut khusus penambal ban tubeless tersebut. Selanjutnya serabut yang menonjol ke luar digunting agar rata dengan bagian luar ban. Cara penambalan ban seperti ini dapat merusak ban, apa lagi lubang tusukan sangat kecil dan harus diperbesar lagi, tentu sangat merusak ban, bukan? Ditambah lagi dengan penambahan benda asing ke dalam ban tentu akan mengurangi kenyamanan dalam pembakaian ban tersebut.

Hati-hati jika menggunakan ban biasa yang dijadikan ban tubeless karena kurangnya syarat keamanan dari ban tersebut jika dibandingkan dengan ban tubeless sebenarnya. Jadi, belilah ban tubeless asli. Jangan menjadikan ban biasa sebagai ban tubeless demi keselamatan di perjalanan.

Bagaimana cara menambal Ban Tubeless dengan Lem?
Cara menambal ban seperti ini tentu lebih mudah dan tidak merusak ban serta tidak mengurangi kenyamanan berkendara karena tidak adanya penambahan benda-benda yang lebih besar ke dalam ban serta dapat dilakukan sendiri tanpa perlu peralatan tambal ban seperti halnya penambal ban tubeless pada umumnya karena kita hanya perlu lem dan pompa angin ban. Sedangkan untuk pompa angin ini dapat kita gunakan pompa angin punya bengkel tambal ban jika tidak memilikinya. Yang terpenting adalah ban tidak rusak dan hasil tambalan pun dapat bertahan dengan lebih kuat pastinya. Berikut ini cara menambal ban tubeless dengan mudah:
  1. Siapkan/belilah lem yang dapat juga digunakan untuk lem karet seperti Super Power Glue, Alteco, dll. Lem tersebut dapat digunakan untuk melengketkan karet (rubber).
  2. Cabut paku dengan tang jika masih tertanjap di ban, jika sudah lepas, bersihkan lubang paku tersebut sebelum melakukan pengeleman.
  3. Jika lubang paku belum ditemukan, lakukan pencarian lubang paku pada ban dengan cara: isi sampai penuh ban dengan angin, kemudian cari lubang paku dengan cara mengolesi bagian tapak ban dengan air sabut atau air sampo. Jika bagian berlubang diolesi dengan air sabut, maka akan timbul gelembung udara keluar dari ban dan lubang tusukan paku pun ditemukan.
  4. Setelah bagian atau daerah lubang dibersihkan jangan lupa dikeringkan terlebih dahulu.
  5. Pastikan udara di dalam ban sudah habis agar tidak menekan lem ke luar dari lubang ketika melakukan penambalan dengan lem pada ban tersebut.
  6. Masukkan lem ke dalam lubang paku tadi dan dibantu dengan jarum yang tersedia di kotak lem atau dapat juga menggunakan paku, jarum pentol, peniti. Tujuannya adalah agar lem meresap ke bagian dalam lubang ban dan membuat ketahanannya semakin kuat tentunya. Lakukan pengeleman hingga seluruh bagian lubang tertutup.
  7. Biarkan lem kering dan benar-benar kering (kuat). Beberapa menit hingga beberapa jam (1-2 jam biar aman).
  8. Setelah lem kering, isi ban dengan angin. Selanjutnya ban sudah dapat digunakan.
Pengalaman penulis sendiri dalam menangani ban tubeless mobil yang pecah yaitu dengan menggunakan lem Super Power Glue, setelah lem dipasang dan dibiarkan kering sekitar 2 jam, baru diisi angin. Dari tanggal 6 September 2013 hingga saat ini hasil tambalan pun tidak mengalami kendala dan tetap kuat menahan angin karena kuatnya lengket antara ban yang kena lubang oleh lem ini. Mari menambal ban tubeless dengan lem.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menambal Ban Tubeless dengan Lem
Ditulis oleh Selvi M.
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2013/09/cara-menambal-ban-tubeless-dengan-lem.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

18 komentar:

djumbogamers mengatakan...

mantaffff gan infonya and usefull pastinya. sip.

R. Sisno Jibril mengatakan...

terinspirasi ahir aku buat alat nya :
http://sisno-jibril.blogspot.com/2014/02/membuat-alat-tambal-ban-tubeless.html

Bondan Setiawan mengatakan...

Mantep gan tips-nya.
Regard, Modifikasi Vixion.

Chasanudin mengatakan...

Kalo pake alteco apa gak retak kmudian bocor lg?

Erdy Alqudsy mengatakan...

Salam Kenal dari tukang tambal ban Jogja.

trinity mengatakan...

mantep banget,,, boleh deh dicoba kalo lagi bocor di jalan

rumah minimalis modern dan nyaman di CitraGarden City

dengan fasilitas rumah sakit dan fasilitas terlengkap di Jakarta

klik http://citragardencity.com/?page_id=7409

ampigang ernst mengatakan...

Bermanfaat untuk di simak, trimakasih

Wahyu Pamungkas mengatakan...

b

Wahyu Pamungkas mengatakan...

saya juga lebih suka nambal sendiri,,, disamping hemat dan irit,,, velg juga akan lebih awet ga bocel bocel,,, setiap ban bocor cukup tambah angin saja,, sampai rumah nanti modal sendiri,,, modalnya cuma lem 6rb an,,, setahun juga ga abis,,, trus pompa tangan 65rb,,, sudah 5 tahun saya pakai ga rusak... tips ini juga bisa diaplikasikan di mobil,,, selamat mencoba,,,.,.

Andhika Zaputra mengatakan...

Cocok nih...ban ane kliatannya jg lg bocor halus...bru kmren d pompa skarang udah gembos lg
alamatdealermobil.com
NISSAN Surabaya
Dealer NISSAN Surabaya

nedly mengatakan...

Otak nya bocor halus jg ga gan?

Mas Poniran mengatakan...

bisa juga gan dipraktekn caranya pada ban sepeda motor atau ban mobil yang tekanan anginnya rendah, tapi untuk mobil muatan yang mana popa atau tekanan angin pada bannya tinggi saya kira perlu menggunakan serat karet atau kompon tubles untuk menambal tersebut, selain itu jika lubangnya cukup besar mungkin kurang kuat meggunakan cara ini

mampir juga ke blog saya

dukunban.blogspot.com

Dewan Studio mengatakan...

Hai gan sya juga puny atips cara menambal ban tubeles. Bisa dilihat disini ya
http://dunlop.co.id/blog/2015/09/30/tips-dan-cara-kerja-menambal-ban-tubeless-sendiri/.

Unknown mengatakan...

makasih infonya... salam tukang tambal ban masohiuku

Ganjar Nugraha S mengatakan...

Permisi gan,

Kalo mau nyabut pakunya posisi ban harus dikempiskan dulu gk?

Terima kasih

Agus Ifued mengatakan...

★ Obat Perangsang wanita
★ Obat Perangsang Pria
★ permen perangsang pacar
★ Obat Perangsang Pria wanita
★ Cara Merangsangkan Pacar
★ Alat Pembesar Penis
★ Cara Membesarkan Alat Vital
★ Obat Pembesar Zakar
★ Alat pembesar vital
★ Obat Penyubur Sperma
★ Boneka full body
★ Obat Penggilang Tatto
★ Pemerah Bibir dan Puting
★ Penghilang bekas luka
★ Obat Penumbuh Rambut
★ Obat Perontok bulu
★ Obat Pemutih Gigi
★ Cream pemutih Wajah
★ Obat Pemutih Wajah/Badan
★ Pelangsing Badan Terlaris
★ Penggemuk Badan Ginseng
★ Peninggi Badan Grow-Up
★ Alat Pembesar Payudara

Furqany Wardhana mengatakan...

Gan kalo aku ga cabut pakunya gimana?aku langsung masukin aja lemnya ke area lubang sela2 pakunya...

Azka5150Audio mengatakan...

wadeh berbahaya ini..ban kan dr karet elastis kok pke super glue?karakter beda om..super glue buat barang yg statis/rigid..

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.