Selasa, 24 September 2013

Cara Menambal Ban Tubeless dengan Lem

Cara Menambal Ban Tubeless dengan Lem
Ban Tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam dan memiliki daya tahan ketika tertusuk benda tajam yang tidak merobek ban. Ketahanannya adalah jika benda seperti paku tersebut masih menusuk ke dalam ban, maka ban belum langsung kempes atau habis anginnya. Cara menambal Ban Tubeless dengan mudah dengan hasil yang memuaskan dapat dilakukan sendiri tanpa harus merusak ban tersebut. Dalam menambal kita tidak akan menggunakan cara menambal tubeless yang sering merusak keutuhan ban yang ditambalnya karena tidak memberikan lubang yang lebih besar lagi terhadap ban yang pecah atau tertusuk paku tersebut. Dan lebih mudah dan praktis karena tidak perlu pergi ke bengkel dan dapat dilakukan sendiri.

Ban Tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam (tube) karena pentil dipasang langsung ke dalam ban luar. Ban jenis ini memiliki kelebihan jika dibandingkan ban biasa, terutama jika terjadi penusukan oleh benda runcing seperti paku, karena angin tidak akan langsung habis terbuang dan perjalanan pun dapat dilanjutkan sampai puluhan kilometer. Proses penambalan ban tubeless pun tidak perlu melepas ban tersebut, karena dapat langsung dilakukan ketika ban terpasang.

Cara menambal ban jenis ini biasanya dengan cara menusuk kembali ban tersebut dengan alat khusus perlengkapan panambalan ban tubeless untuk memperbesar lubangnya agar bisa memasukkan serabut khusus penambal ban tubeless tersebut. Selanjutnya serabut yang menonjol ke luar digunting agar rata dengan bagian luar ban. Cara penambalan ban seperti ini dapat merusak ban, apa lagi lubang tusukan sangat kecil dan harus diperbesar lagi, tentu sangat merusak ban, bukan? Ditambah lagi dengan penambahan benda asing ke dalam ban tentu akan mengurangi kenyamanan dalam pembakaian ban tersebut.

Hati-hati jika menggunakan ban biasa yang dijadikan ban tubeless karena kurangnya syarat keamanan dari ban tersebut jika dibandingkan dengan ban tubeless sebenarnya. Jadi, belilah ban tubeless asli. Jangan menjadikan ban biasa sebagai ban tubeless demi keselamatan di perjalanan.

Bagaimana cara menambal Ban Tubeless dengan Lem?
Cara menambal ban seperti ini tentu lebih mudah dan tidak merusak ban serta tidak mengurangi kenyamanan berkendara karena tidak adanya penambahan benda-benda yang lebih besar ke dalam ban serta dapat dilakukan sendiri tanpa perlu peralatan tambal ban seperti halnya penambal ban tubeless pada umumnya karena kita hanya perlu lem dan pompa angin ban. Sedangkan untuk pompa angin ini dapat kita gunakan pompa angin punya bengkel tambal ban jika tidak memilikinya. Yang terpenting adalah ban tidak rusak dan hasil tambalan pun dapat bertahan dengan lebih kuat pastinya. Berikut ini cara menambal ban tubeless dengan mudah:
  1. Siapkan/belilah lem yang dapat juga digunakan untuk lem karet seperti Super Power Glue, Alteco, dll. Lem tersebut dapat digunakan untuk melengketkan karet (rubber).
  2. Cabut paku dengan tang jika masih tertanjap di ban, jika sudah lepas, bersihkan lubang paku tersebut sebelum melakukan pengeleman.
  3. Jika lubang paku belum ditemukan, lakukan pencarian lubang paku pada ban dengan cara: isi sampai penuh ban dengan angin, kemudian cari lubang paku dengan cara mengolesi bagian tapak ban dengan air sabut atau air sampo. Jika bagian berlubang diolesi dengan air sabut, maka akan timbul gelembung udara keluar dari ban dan lubang tusukan paku pun ditemukan.
  4. Setelah bagian atau daerah lubang dibersihkan jangan lupa dikeringkan terlebih dahulu.
  5. Pastikan udara di dalam ban sudah habis agar tidak menekan lem ke luar dari lubang ketika melakukan penambalan dengan lem pada ban tersebut.
  6. Masukkan lem ke dalam lubang paku tadi dan dibantu dengan jarum yang tersedia di kotak lem atau dapat juga menggunakan paku, jarum pentol, peniti. Tujuannya adalah agar lem meresap ke bagian dalam lubang ban dan membuat ketahanannya semakin kuat tentunya. Lakukan pengeleman hingga seluruh bagian lubang tertutup.
  7. Biarkan lem kering dan benar-benar kering (kuat). Beberapa menit hingga beberapa jam (1-2 jam biar aman).
  8. Setelah lem kering, isi ban dengan angin. Selanjutnya ban sudah dapat digunakan.
Pengalaman penulis sendiri dalam menangani ban tubeless mobil yang pecah yaitu dengan menggunakan lem Super Power Glue, setelah lem dipasang dan dibiarkan kering sekitar 2 jam, baru diisi angin. Dari tanggal 6 September 2013 hingga saat ini hasil tambalan pun tidak mengalami kendala dan tetap kuat menahan angin karena kuatnya lengket antara ban yang kena lubang oleh lem ini. Mari menambal ban tubeless dengan lem.

20 komentar:

  1. mantaffff gan infonya and usefull pastinya. sip.

    BalasHapus
  2. terinspirasi ahir aku buat alat nya :
    http://sisno-jibril.blogspot.com/2014/02/membuat-alat-tambal-ban-tubeless.html

    BalasHapus
  3. Kalo pake alteco apa gak retak kmudian bocor lg?

    BalasHapus
  4. mantep banget,,, boleh deh dicoba kalo lagi bocor di jalan

    rumah minimalis modern dan nyaman di CitraGarden City

    dengan fasilitas rumah sakit dan fasilitas terlengkap di Jakarta

    klik http://citragardencity.com/?page_id=7409

    BalasHapus
  5. Bermanfaat untuk di simak, trimakasih

    BalasHapus
  6. saya juga lebih suka nambal sendiri,,, disamping hemat dan irit,,, velg juga akan lebih awet ga bocel bocel,,, setiap ban bocor cukup tambah angin saja,, sampai rumah nanti modal sendiri,,, modalnya cuma lem 6rb an,,, setahun juga ga abis,,, trus pompa tangan 65rb,,, sudah 5 tahun saya pakai ga rusak... tips ini juga bisa diaplikasikan di mobil,,, selamat mencoba,,,.,.

    BalasHapus
  7. Cocok nih...ban ane kliatannya jg lg bocor halus...bru kmren d pompa skarang udah gembos lg
    alamatdealermobil.com
    NISSAN Surabaya
    Dealer NISSAN Surabaya

    BalasHapus
  8. Otak nya bocor halus jg ga gan?

    BalasHapus
  9. bisa juga gan dipraktekn caranya pada ban sepeda motor atau ban mobil yang tekanan anginnya rendah, tapi untuk mobil muatan yang mana popa atau tekanan angin pada bannya tinggi saya kira perlu menggunakan serat karet atau kompon tubles untuk menambal tersebut, selain itu jika lubangnya cukup besar mungkin kurang kuat meggunakan cara ini

    mampir juga ke blog saya

    dukunban.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Hai gan sya juga puny atips cara menambal ban tubeles. Bisa dilihat disini ya
    http://dunlop.co.id/blog/2015/09/30/tips-dan-cara-kerja-menambal-ban-tubeless-sendiri/.

    BalasHapus
  11. makasih infonya... salam tukang tambal ban masohiuku

    BalasHapus
  12. Permisi gan,

    Kalo mau nyabut pakunya posisi ban harus dikempiskan dulu gk?

    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Gan kalo aku ga cabut pakunya gimana?aku langsung masukin aja lemnya ke area lubang sela2 pakunya...

    BalasHapus
  14. wadeh berbahaya ini..ban kan dr karet elastis kok pke super glue?karakter beda om..super glue buat barang yg statis/rigid..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus