Penyebab Lampu Spoiler Mobil Tidak Menyala atau Hidup

Posted by Selvi M. Kamis, 16 Januari 2014 1 komentar
Lampu Spoiler Tidak Nyala
Spoiler mobil merupakan fitur tambahan agar tampilan mobil semakin sporty, pada spoiler mobil kadang terdapat lampu rem, lampu rem ini merupakan fitur tambahan agar pengendara di belakang semakin jelas melihat bahwa mobil di depannya sedang melakukan pengereman di samping lampu rem standar yang sudah terpasang di kiri dan kanan bagian belakang mobil. Lampu rem ini pun harus berwarna merah ketika hidup, ini merupakan hal yang sudah baku dan wajib menggunakan lampu merah untuk setiap kendaraan di seluruh dunia, tujuannya agar pengendara di belakang lebih awas atau mudah bereaksi terhadap lampu merah dan juga lampu merah pun tidak menyilaukan. Warna mika lampu spoiler pun berwarna merah atau bening, namun ketika lampunya hidup, tetap saja warna nyalanya menjadi merah walaupun menggunakan mika/kaca penutup berwarna bening atau orang bilang mika putih. Lampu spoiler pun dapat saja tidak berfungsi atau tidak menyala dengan berbagai faktor penyebab sehingga lampu rem di spoiler tidak menyala atau mati.

Jika lampu spoiler tidak menyala atau tidak hidup atau mati, maka pemberitahuan terhadap pengendara di belakang pun akan berkurang, karena hanya menggunakan lampu rem standar di kiri dan kanan saja. Untuk itu, jika bola lampu spoiler tidak menyala, maka sebaiknya harus langsung diperbaiki atau diganti tentunya dengan mencari faktor penyebab lampu tersebut tidak hidup terlebih dahulu.

Kembali ke judul topik kita yaitu penyebab lampu spoiler mobil tidak menyala. Di sini penulis akan membahas tentang lampu spoiler mobil All New Xenia/Avanza yang tidak menyala. Dengan melihat tanda yang ditampilkan, maka kita dapat menilai apa penyebab lampu spoiler tidak menyala. Yang biasanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu bola dan kabel.
  1. Tiba-tiba sebagian bola lampu spoiler tidak menyala, misalnya hanya menyala sebagian atau satu atau dua bola tidak menyala, ini merupakan tanda kerusakan pada bolanya, yaitu bola yang tidak menyala tersebut kemungkinan putus/terbakar. Oleh karena itu cara mengatasinya dengan mengganti bolanya, ada yang dijual langsung dengan mika lampunya. Atau dapat juga dipasang dengan lampu led biasa, karena sulit ditemukan penjual bola spoiler saja, yang biasanya menjual satu set dengan spoilernya All New Avanza/Xenia. Jika disebabkan oleh rangkaian jalurnya, maka dapat disambungkan kembali rangkaian yang terputus tersebut dengan soder.
  2. Tiba-tiba seluruh lampu spoiler tidak hidup, sementara lampu rem standar mobil hidup. Ini disebabkan oleh adanya kabel yang menuju lampu spoiler yang putus, untuk itu silakan dicek jalur kabel dari sumber daya menuju ke lampu spoiler, yang biasanya putus. Silakan disambungkan kembali dan dicoba apakah lampunya sudah dapat hidup kembali.
Berikut ini pengelaman penulis ketika bola lampu spoiler tidak hidup. Penulis langsung pergi ke toko variasi mobil untuk mengganti bolanya, tapi ternyata mereka tidak menjual bolanya namun lengkap satu set dengan spoilernya, tentunya harganya lebih mahal karena kita harus mengganti seluruhnya. Kemudian penulis pergi ke bengkel variasi lainnya, dan di bengkel tersebut tidak menjual lampunya, namun katanya bisa dipasang dengan lampu led biasa. Namun, si punya bengkel menyarankan agar dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah kabel atau bolanya yang bermasalah. Berhubung si punya bengkel lagi sibuk, akhirnya si penulis langsung pulang dan mencoba untuk memeriksa semua jalur kabel dari ujung hingga ke pangkal, dan ditemukanlah bahwa terdapat kabel yang putus, kabel yang putusnya bukanlah terdapat pada sambungan ke sumber daya lampu rem standar, namun sambungan agar kabel lampunya menjadi panjang. Setelah dilakukan penyambungan kabel, akhirnya lampunya bisa hidup kembali.

Bagaimana cara menghidupkan lampu rem dan mengecek lampu spoiler hidup atau tidak, penulis menggunakan sepotong kayu kecil dengan panjang kira-kira seruas lengan bawah, kemudian ujung yang satu ditekankan pada pedal rem kaki sementara ujung yang lainnya ditekankan pada jok kursi sopir sambil dimajukan bangku sopir ke depan agar bisa menekan pedal rem dan bisa menyalakan lampu rem. Selanjutnya cek lampu spoilernya apakah hidup atau tidak. Dapat juga menggunakan bayangan pada kaca jendela rumah jika mobilnya menghadap ke depan dan membelakangi jendela rumah yang ada kacanya, jadi kita bisa melihat bayangan lampunya di kaca jendela tadi. Atau dengan menggunakan bantuan orang lain untuk menekan pedal rem dan kita melihat/mengecek lampu spoiler menyala atau tidak menyala. 
 
Lampu Spoiler Nyala atau Hidup
Lampu Spoiler Sudah Nyala

Demikian penyebab lampu spoiler All New Avanza/Xenia tidak menyala atau tidak hidup atau mati. Sebelum mobil dibawa ke bengkel, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, karena jika hanya kabel yang putus, maka sangat mudah untuk menyambungkannya kembali dan tidak perlu diganti dan mengeluarkan biaya perbaikan di bengkel variasi atau di toko variasi mobil.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penyebab Lampu Spoiler Mobil Tidak Menyala atau Hidup
Ditulis oleh Selvi M.
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/01/penyebab-lampu-spoiler-mobil-tidak-menyala-hidup.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

haris_cahbon mengatakan...

Trimakasih, sangat membantu karna permasalahan yang sama. Saya akan mencobanya karna lampu spoiler mati keaeluruhan

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.