Cara Menyetel Ketinggian Kopling All New Xenia-Avanza

Posted by Unknown Rabu, 07 Mei 2014 12 komentar
Menyetel Ketinggian Pedal Kopling
Kopling adalah bagian dari mesin mobil yang salah satunya berfungsi untuk membantu perpindahan gigi pada mobil. Kopling ini memilik beberapa bagian yaitu, Clutch Cover (Rumah Kopling), Kampas Kopling, Release Fork (Garpu Pembebas), Releasing Bearing (Pemutus Putaran dari Mesin), Kabel Kopling, dan Pedal Kopling. Di sini kita akan berbicara tentang pedal kopling, yaitu bagaimana cara menyetel ketinggian pedal kopling atau mengatur jarak gerak bebas (Free Play) pedal kopling agar aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman dan sesuai dengan selera pengemudi.

Pada mobil All New Xenia pedal kopling masih menggunakan kabel kopling begitu juga untuk All New Avanza mesin 1300 cc masih menggunakan kabel kopling, di sini kita akan mengatur ketinggian kopling dengan menyetel tarikan kabel koplingnya. Kopling yang sudah bermain pada jarak rendah akan memudahkan kaki kiri pengemudi ketika perpindahan gigi terutama pada saat macet yang sering berhenti dan berjalan (stop and go).

Setelan kopling yang tinggi dan rendah terasa nyaman ini di kembalikan kepada selera pengemudi masing-masing, karena ada yang lebih nyaman dengan kopling yang tinggi dan ada juga yang lebih senang dengan kopling yang lebih rendah (jarak pedal ke lantai mobil). Untuk mobil baru keluar dari pabrik biasanya disetel dengan jarak kopling yang tinggi seperti pada mobil All New Xenia dan Avanza. Cara mengatur ketinggian pedal kopling mobil ini dapat dilakukan dengan mudah, ada yang cuma di atur dari dalam kap mesin, namun ada juga yang perlu di atur dari bawah mobilnya yaitu kita harus masuk ke bawah mobil agar dapat menyetel koplingnya (ngolong). Selain mengatur ketinggian kopling (ketinggian pedal ketika kopling mulai bermain) kita juga perlu mengatur Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling sesuai dengan syarat minimal dan maksimal dari Free Play Pedal Kopling.

Cara Mengatur Ketinggian Kopling:

Untuk mengatur atau menyetel ketinggian kopling All New Xenia-Avanza kita perlu memutar pangkal kabel yang terhubung ke bagian mesin yaitu yang terhubung ke rumah transmisi yaitu kita harus menyetelnya melalui bawah mobil tepatnya di bawah pedal kopling mobil anda. Cari kabel kopling yaitu yang di bagian ujungnya terdapat plastik seperti baut seperti gambar di bawah ini. Silakan putar searah jarum jam (ke kanan) untuk meninggikan kopling (jika disetel searah jarum jam, maka kopling akan bermain ketika kaki diangkat lebih tinggi) ini berfungsi untuk meninggikan kopling. Sedangkan untuk menurunkan atau merendahkan atau ketinggian kopling mulai bermain akan direndahkan atau dilebih rendahkan, maka silakan putar berlawanan jarum jam atau putar ke arah kiri. Silakan atur putaran sampai selera yang diinginkan dengan mencoba menekan pedal kopling dan mencoba berjalan maju atau mundur, jika belum pas silakan masuk ke bawah mobil kembali dan putar lagi ke arah yang diinginkan. Setiap ½-1 putaran silakan dicek ketinggian pedalnya.

Tempat atau Lokasi Mengatur Ketinggian Kopling


Cara Mengatur Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling:
Free Play atau jarak bebas adalah jarak pedal kopling tidak bermain ketika di tekan dari atas. Ketinggian Jarak Bebas ini normalnya berkisar 15-25 mm (1,5-2,5 cm), cara mengukurnya yaitu dengan menekan dengan lembut pedal kopling dengan menggunakan jari tangan sampai adanya terasa sedikit tahanan, itulah yang dinamakan jarak bebas atau free play. Setelah menurunkan ketinggian kopling, maka free play pedal kopling akan bertambah (terasa kendor). Maka perlu dilanjutkan dengan pengaturan jarak bebas ini. Cara menyetel jarak bebas (free play) pedal kopling ini cukup mudah, yaitu hanya dengan memutar baut yang berukuran 14 mm dengan menggunakan kunci ring ukuran 14 mm (lihat gambar di bawah). Baut ini berfungsi untuk menekan pedal ke arah bawah jika diputar searah jarum jam (dikencangkan) atau diputar ke arah kanan, sehingga pedal kopling akan turun dan jarak bebas pun akan berkurang. Jika ingin meninggikan pedal kopling maka putar searah jarum jam (maka penekanan pada pangkal pedal akan berkurang dan pedal pun akan meninggi.
Mengatur Jarak Bebas KoplingFree Play (Jarak Bebas Kopling)


Mana yang lebih dahulu?
Jika ingin menurunkan kopling, maka atur dulu ketinggian kopling dengan memutar pangkal kabel kopling yang terhubung ke rumah transmisi baru setelah itu atur jarak bebasnya. Sedangkan jika ingin meninggikan kopling, silakan perbanyak jarak bebasnya dahulu baru dinaikkan koplingnya. Baca juga Setel Kopling Avanza/Xenia tanpa Ngolong.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menyetel Ketinggian Kopling All New Xenia-Avanza
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/05/cara-menyetel-ketinggian-kopling-all-new-xenia-avanza.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

12 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks sharing ilmunya...

Unknown mengatakan...

berapa cm jarak standard antara lantai ke pedal untuk avanza dan xenia?

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Sahaja seorang korban penipuan penipuan kreditur tangan, saya menghabiskan lebih dari 7.000.000 Rp di tangan pemberi pinjaman palsu, karena saya butuh modal besar dari 210.000.000 Rp aku hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. , Saya tidak bisa tahan lagi .. semua ini terjadi Juli 2014 sampai Mei 2015, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik Lady Lisa yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Lisa melalui email. Lisajeffersomloanfirm@gmail.com dan Lisajeffersomloanfirm@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; Sahajaputra112@gmail.com, untuk mendapatkan informasi keluar. silahkan dia adalah satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya. Tidak ada pajak. untuk membayar .. Terima kasih

Unknown mengatakan...

mksh...

Dedi mengatakan...

Kalo untuk mobil yang lainya, apakah sama tehnik penyelan koplingnya.? lam kenal Cara Android

Unknown mengatakan...

klo mobil corona absolut dimana ya ?

gadel mengatakan...

apakah itu untuk semua jenis mobil gan

Aplikasi Android

Gadel San mengatakan...

thanks gan

RealProfitAdverts

Unknown mengatakan...

thanks gan

Dewa mengatakan...

Halo pa,saya baru saja ganti kampas kopling mobil avansa begitu saya pasang bak porsnelingnya pedal koplingnya tdk berfunsi.bagainama caranya agar pedal koplingnya dapat berfunsi lagi.

MAsbay mengatakan...

Hello pak.. Klo pas running suara tranmisi rada kasar tp kalao dikopling senyap.. Apanya ya.. Tlong infonya...trimakasih..

One mengatakan...

PENAWARAN ISTIMEWA!!!
Sebagai para profesional di bidang keuangan, kami menawarkan berbagai layanan kepada individu, bisnis, dan perusahaan. Setelah melayani komunitas keuangan, kami memahami tujuan keuangan saat ini. Kami bekerja dengan bisnis kecil, menengah, dan besar, individu dan perusahaan untuk membantu mereka memulai atau memperluas wilayah baru. Mulai bab selanjutnya sekarang. Kami adalah spesialis dalam:

PINJAMAN BISNIS
* PROGRAM PINJAMAN KOMERSIAL
*PINJAMAN PRIBADI
* PINJAMAN NYATA NYATA
* FIX N PINJAMAN FLIP
HUTANG KONSOLIDASIAN HUTANG
* PROGRAM Pinjamkan INVESTOR DAN LAINNYA ..

Kunjungi kami dan lihat bagaimana kami dapat membantu Anda. Hanya Pertanyaan Serius! Email @: capitalsourcefinancellny@gmail.com
  atau WhatsApp: 1 213 433 3059

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.