Mengatasi Mesin Mobil Ndut-ndutan atau Nyendat

Posted by Unknown Senin, 08 September 2014 44 komentar
Mobil Ndut-Ndutan (Tersendat)
Membawa mobil yang berjalan ndut-ndutan atau biasa disebut dengan nyendat/mbrebet tentu tidak nyaman dan adanya rasa kuatir akan berbagai hal. Gejala tersendat-sendat memang membuat kuatir mobilnya akan mogok, apa lagi ketika sedang mengalami perjalanan yang sangat mendesak, rasa kuatir tentu akan semakin bertambah. Oleh karena itu penanganan kendaraan yang memperlihatkan gejala-gejala seperti di atas sangat perlu dilakukan perawatan di tempat sevice mobil. Penyebab mobil ndut-ndutan atau berjalan tersendat-sendat ini banyak disebabkan oleh berbagai hal, dengan penanganan yang tepat tentu akan sangat memuaskan karena gejala akan hilang dengan sempurna, oleh karena itu untuk mengatasi gejala tersebut di atas sangat perlu dilakukan pemeriksaan di bengkel service mobil.

Penyebab Mesin Mobil Berjalan Tersendat/Mbrebet:
Beberapa sistem yang ada pada mesin kendaraan berperan pada timbulnya gejala ndut-ndutan, yaitu:
  1. Terganggunya sistem pengapian pada mesin mobil, jadi setiap bagian pengapian mobil harus diteliti satu per satu untuk memastikan bagian mana yang perlu dilakukan perawatan atau pun penggantian agar kondisi mesin dapat pulih dengan normal tanpa adanya gejala-gejala yang menggangu perjalanan. Beberapa bagian pada mobil yang berfungsi sebagai sistem pengapian seperti: busi, coil, delco, cdi, dan termasuk semua yang terhubung ke bagian-bagian tersebut yaitu pada kabel-kabelnya.
  2. Sistem bahan bakar, yaitu saluran yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar untuk pembakaran termasuk di dalamnya pompa bensin, saringan bensin.
  3. Sistem saluran udara seperti saringan udara dan throttle body juga berperan pada timbulnya gejala-gejala mberebet pada mobil. Jika bagian tersebut mengalami gangguan tentunya pencampuran udara dengan bahan bakar menjadi tidak sempurna.

Cara mengatasi mobil ndut-ndutan:

Untuk mengatasi gejala-gejala di atas, yaitu perlu dilakukan tune up kendaraan di tempat service mobil/bengkel mobil. Namun, jika pada penanganan tune up masih menimbulkan gejala di atas, maka disarankan kepada tukang service untuk memeriksa bagian-bagian mobil yang menangani pengapian, saluran bbm, dan saluran udara agar semua gejala dapat menghilang selamanya dan kendaraan dapat dikendarai dengan aman dan nyaman kembali.

Pengalaman Mengatasi Mobil Ndut-Ndutan:
Ketika itu All New Xenia tahun 2012 yang baru berumur sekitar 8 bulan sudah timbul gejala ndut-ndutan ketika berjalan menanjak dengan penekanan gas yang lebih dalam. Selain timbulnya gejala tersebut, tenaga pun sangat berkurang. Namun, setelah dilakukan perawatan semua gejala tersebut hilang tak berbekas, dan tenaga pun normal kembali dan dapat melahap semua tanjakan dengan mudah karena All New Xenia 2012 tenaganya sudah pulih dan bertambah serta berjalan dengan normal tanpa adanya berbagai keluhan putaran mesin yang tersendat-sendat.

Bagaimana cara menghilangkan gejala di atas pada mobil tersebut?
Setelah merasa terganggu akan gejala yang sering timbul selama perjalanan terutama ketika sedang menanjak, akhirnya mobil tersebut dilakukan service berkala di bengkel resmi, setelah mengajukan berbagai keluhan, akhirnya pihak bengkel pun mencoba memeriksa kendaraan tersebut (All New Xenia), dan setelah dicek keadaan businya, ternyata businya sudah perlu diganti walaupun jarak tempuh dalam kilometer belum waktunya untuk dilakukan penggantian. Kemudian pihak bengkel juga melakukan uji emisi, setelah dicek, ternyata kandungan gas karbonnya cukup tinggi, dan pihak bengkel pun menyarankan untuk menggunakan bahan bakar Pertamax agar pembakaran menjadi sempurna sesuai dengan kompresi kendaraan. Dan hal tersebut katanya akan berefek terhadap umur dari busi. Namun, setelah diganti busi, gejala ndut-ndutan hilang dan tenaga pun bertambah (menjadi normal). Namun, bahan bakarnya hingga kini masih tetap menggunakan premium, karena lebih irit dan gejala ndut-ndutan pun tidak pernah datang kembali meski pun jarak tempuh sudah melebihi dari jarak tempuh sewaktu penggantian busi sebelumnya/timbul gejala nyendat.

Demikian informasi cara mengatasi mesin mobil ndut-ndutan atau tersendat-sendat (mberebet).
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengatasi Mesin Mobil Ndut-ndutan atau Nyendat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/09/mengatasi-mesin-mobil-ndut-ndutan-atau-nyendat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

44 komentar:

gadis manja mengatakan...




KUNJUNGIN JUGA YEE BROO....KAGA KALAH SERUNYA......


VIDEO TEKNIK TERMUDAH AJAK PACAR BERCINTA


VIDEO FANTASI KENIKMATAN BERSAMA BRONDONG


VIDEO SENAM TANGAN BIAR SEHAT JIWA RAGA








Unknown mengatakan...

Makasih yahh bos montir info nya langsung ke tkp :)

TK PGRI 33 NGESREP mengatakan...

Makasih infonya gsn. Apvku jg endhut2an nih. Dulu pernsj begini kemudian businya diganti semua ada 4 dan sakitnya sembuh selamg 6 bln mulai endut2an lagi apa hrs ganti busi lagi ya

wiega mengatakan...

trims banyak infonya, tapi ini penyakit mobil saya tidak kunjung sembuh-sembuh ganti busi, dari filter bensin sampai injektor sudah dibersihkan, di saat mesin dingin tidak ada kendala, begitu dibuat jalan kira-kira 30 km dg gas yang besar dan ac keadaan hidup penyakitnya kambuh kenapa yaah ? ( innova matic bensin 2007 )

maslasno mengatakan...

Ada kemungkinan sebsor iksigen yang bermasalah. Harus diperiksa menggunakan engine scanner.
Salam

maslasno mengatakan...

Sensor oksigen maksud saya.
Terimakasih

maslasno mengatakan...

Busi yang sering bermasalah, biasanya disebabkan dari pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai anjuran pembuat mobil. Atau juga penggunaan Oktan booster dalam jangka waktu yang lama. Selain busi, knalpot yang dilengkapi catalityc converter akan cepat rusak jika bahan bakar tidak sesuai atau ada penambahan oktan booster.
Salam

Unknown mengatakan...

Klu boster rem bocor pengarunya mesin pincang dan aga menyendat jalannya trimakasih

Unknown mengatakan...

Mobil saya innova diesel tapi di tanjakan tersendat seperti tidak kuat nanjak
Padahal mobil terhitung taun muda 2012
Sudah ke bengkel resmi di tune up dan berbagai keluhan di bicarakan tapi tetap saja tidak kuat nanjak
Mohon dibalas terima kasih banyak
Salam sukses

Kamiliya Andarani mengatakan...

MOBIL Saya great corolla94 di rpm 1500 mobil ndut ndutan... busi,kabel busi, nosel sudah di kalibrasi bahkan di ganti masalahnya apa ya sudah 3 bengkel ? tolong dong

Unknown mengatakan...

Mobil avanza 2004 saya baru baru ini kalau pakai gigi 2 dan 3 jalan ndut ndutan, kira2 apa jg perlu ganti busi ya? Mohon penjelasan and trimz

Unknown mengatakan...

Mobil avanza 2004 saya baru baru ini kalau pakai gigi 2 dan 3 jalan ndut ndutan, kira2 apa jg perlu ganti busi ya? Mohon penjelasan and trimz

Unknown mengatakan...

Kalau di mobil espas 2005 gimana solusinya?

ryan mengatakan...

Mobil sy hyundai thn 2011, kalau ga manasin mesin dulu brebet ndut ndutan gitu mesinnya kaya lepas kopling mau mati mesinnya, tapi kalo udah dibawa jalan / mesin udah mulai panas lama lama hila brebet nya.

Katanya ada yg bilang busi atau koil sama kaya postingan ini. Ada yg bilang nglitik harus update ecu. Udah ke bengkel resmi scan engine smua normal dan ga bisa replicate keluhan brebet nya

Unknown mengatakan...

saya pengguna yaris 2012..saya coba pasang tachometer di mobil saya cuma pas sudah kepasang mobilnya kalo d gas rendah mau ke gas tinggi kaya tersedak...mohon petunjuk

Unknown mengatakan...

Mobil saya nissan praire tahun pembuatab 2004.
Kemarin sudah habis ganti busi tapi bgito jalang masih nyendot2 itu pengaruh apa ya?

Unknown mengatakan...

Ass.gan mau tanya ni...
Mobil saya inova bensin.klo udah jalan sekitar dua jam mulai kumat masalah nya ndut-ndutan gan,padahal klo dinging mesin normal gan.tolong info nya.
Thx

Unknown mengatakan...

Mobil saya juga sama ndet ndetan pas tadi pulang baru kerasa kalo di nyalain acnya rpm naik turun apa penyebab nya sama ?? (Toyota vios 2008)

Unknown mengatakan...

Maa brow ini saya punya suzuki baleno th 2000 sering dut2an kalau mesin panas di tabah kecepatan tambah dut2an malah kalau udah panas kadang mogok. Minta solusinya dong

imam_US mengatakan...

Makasih infonya.....
Ini sangat membantu

papa ab mengatakan...

makasih bannget infonya, gan..

alnov devira mengatakan...

Gan kalo xenia 1.0 waktu pertama di gas, di trotl bodi seperti keluar angin yang akibatnya gasnya agak nyendat di tarikan awal. Kira2 apa ya penyebabnya

Unknown mengatakan...

Mobil tua saya juga sama gan,mobil carry exstra thn 93
Sudah berbagai cara dilakukan dari ganti busi,kuil,kuras tengki,ganti delco,sampe ganti karburator tapi masih tetap begi,tolong kasih info solusinya agan trima kasih.

Pupung mengatakan...

Mobil saya Yarsi Manual Tahun 2011, kenapa pada kondisi mesin hidup pada pada masuk gigi 1 Km sering ngenden turun kebawah ? apa yg perlu saya betulin ? padahal busi udh saya ganti baru tapi masih tetap aja sama.

Pupung mengatakan...

Mobil saya Yarsi Manual Tahun 2011, kenapa pada kondisi mesin hidup pada pada masuk gigi 1 Km sering ngenden turun kebawah ? apa yg perlu saya betulin ? padahal busi udh saya ganti baru tapi masih tetap aja sama.

SILVERIACENTER.COM mengatakan...

kalau habis dicuci kemungkinan busi basah atau kabel busi atau coil ada ygasih basah sehingga terjadi kebocoran api sehingga pengapian busi menjadi tidak stabil... solusinya coba lepas busi, keringkan total mulai dr busi kabel sampai koil...

SILVERIACENTER.COM mengatakan...

itu krn waktu scan ecu nya tidak pas... pencampuran antara bensin dan udara di putaran rendahnya kurang pas...

SILVERIACENTER.COM mengatakan...

yg perlu dicek kondisi filter udara, clean injector, filter bahan bakar, terahir scan bos...

SILVERIACENTER.COM mengatakan...

carry 93 kalau masih pakai platina ganti saja pakai cdi bos
..

SILVERIACENTER.COM mengatakan...

filter udaranya dilembiru ajah...

gie mengatakan...

Mohon pencerahan y gan..mobil sy escudo sidekick.di saat kehujanan mobil jd ndut2an kaya yg mau habis bensin..di saat tidak hujan mobil normal...sekira y apa yg harus di perbaiki gan

gie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mobil saya vios 2005 klo gigi 1 ndut ndutan.klo busi udah ok.injector cleaner udah.ban udah tk cek.apa perlu spooring?? Mtrswun

Unknown mengatakan...

Mobil ane asap knalpot nya pedih d mata, kira2 apanya ya? Ada yang tau?

agam story mengatakan...

Soluna 2001 setiap awal gas selalu endut2an atau loncat2... Harus main setengah kopling baru aman... Kenapa ya bosku..

Unknown mengatakan...

Mobil saya Rush tahun 2012, kenapa klo perpindahan dr ggi 2 ke 3 selalu ndut ndutan? Solusi yg tepat apa yah selain tune up..? Trims..

Unknown mengatakan...

Kemungkinan Kaca spionnya miring..

Unknown mengatakan...

makasih info nha mas....
mobil q kijang thn 94..
tdi sore q ganti karbulator baru, busi baru...
cuman masih sendag - sendat..
tak coba besok cek filter bensin nya..

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mobil saya great new xenia stasioner getar dan klo jalan gigi 2 3 rpm rendah ndut*an masalah nya ap ya boss,padahal uda saya ke bengkel resmi dan non resmi tp msh jg gt

Unknown mengatakan...

Mobil saya xenia 1.0 sporty tahun 2011.. ketika jalan pada posisi gigi 2 atau gigi 3 dan menginjak pedal gas terasa ndut ndutan dan pada saat mendekati rpm 40 ndut ndutanya hilang..jadi ndut ndutan terjadi pada rpm 30 ke 40..mohon penjelasan kerusakan apa di mobil ini gan... trims..

Unknown mengatakan...

mohon saranya....
mobil kijang super thn 94...
saya sudah ganti karbulator, tali busi, busi, filter bensin.
tapi masih sendat - sendat...
mohon saran nya boss, krn sudah lumayan habis danaya.
trima kasih....ll

Bebatuan Wonogiri mengatakan...

Nasib yg sama..

wellnesspitch mengatakan...

Wellness Pitch is a single place where you find everything about your Wellbeing . From wellness to health; Fitness to beauty and nutrition to parenthood.

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.