Cara Mengukur Tekanan Ban dengan Mudah

Posted by Selvi M. Minggu, 10 November 2013 2 komentar
Tekanan Ban
Tekanan ban atau tyre pressure adalah tekanan yang dikeluarkan oleh ban yang berisi udara atau angin. Setiap ban memiliki tekanan tersendiri sesuai dengan daya angkut kendaraan yang bersangkutan. Semakin berat beban yang akan diangkut, maka tekanan ban yang diperlukan pun semakin tinggi agar bisa menahan beban yang dibawanya. Setiap kendaraan baik itu motor maupun mobil biasanya dicantumkan angka tekanan ban yang normal atau yang sesuai dengan ban bawaan yang terpasang. Untuk motor biasanya ditempel pada bagian tengah motor, yaitu pada bagian tengah bawah stang motor. Sedangkan untuk mobil biasanya stikernya terletak di bagian pintu sopir (pintu depan kanan) yaitu pada bagian dalam tempat kunci pintu, bukan di daun pintu ya.

Berapa tekanan ban kendaraan anda?
Untuk melihat nilai normal tekanan ban ini dapat dilihat dari Buku Manual kendaraan anda. Dalam buku manual biasanya pasti mencantumkan ukuran tekanan ban normal. Jadi tekanan kendaraan motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil sedan, mobil SUV, dan lain-lain tentunya berbeda. Untuk itu gunakan tekanan ban sesuai dengan anjuran pabrikan kendaraan atau jika bannya sudah diganti dengan ban bukan standar pabrik, maka isilah angin ban sesuai dengan anjuran dari ban yang digunakan tersebut.

Untuk mengecek tekanan ban motor, atau mengecek tekanan ban mobil ini kita perlu alat pengukur tekanan ban. Alat pengukur tekanan ban ini ada banyak jenisnya, seperti pengukur tekanan ban digital, pengukur tekanan ban manual. Agar lebih mudah dalam penggunaannya, tekanan ban digital sangat dianjurkan, karena akan memberikan nilai tekanan ban yang tepat dalam pembacaannya. Saat ini sudah banyak dijual alat pengukur tekanan angin ban ini dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana cara mengukur tekanan ban?
Cara mengukur atau mengecek tekanan ban adalah dengan menggunakan alat pengukur tekanan ban (tyre pressure) baik yang manual atau yang digital. Lakukan langkah-langkah pengukuran tekanan roda sebagai berikut:
  1. Siapkan alat pengukur tekanan ban.
  2. Buka tutup pentil ban.
  3. Jika menggunakan alat digital, maka aktifkan terlebih dahulu alat pengukur anda.
  4. Tekankan ujung alat ke ujung pentil dengan tepat dan kuat, agar udara atau angin tidak keluar percuma dari pentil.
  5. Pastikan posisinya tepat. Selanjutnya baca hasil tekanan ban, baik manual atau pun digital. (jika posisi alat tidak tepat, maka tekanan yang terbaca tidak maksimal dengan tekanan ban sebenarnya, serta banyak angin ban yang terbuang percuma).
Pengukuran tekanan ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau ketika ban kendaraan belum berjalan, karena jika sudah berjalan beberapa saat saja, maka tekanan ban akan naik. Lakukan pengukuran sesuai standar pabrikan pada pagi hari, atau ditambah 1-2 psi ketika ban dalam keadaan telah berjalan (panas). Selanjutnya, jika pada pagi hari, atau ban telah dingin (tidak berjalan dalam waktu lama), baru disesuaikan ukuran tekan ban dengan standar pabrik.

Tekanan ban yang berlebihan, maka kenyamanan berkendara akan berkurang, karena ban menjadi lebih keras. Dan kerusakan ban pada bagian tengah tapak ban akan lebih cepat. Jika tekanan ban kurang, maka tapak bagian tepi akan cepat tipis karena terkikis dan ban akan mudah pecah, terutama jika dikendarai dalam keadaan kencang dan dapat merusak velg. Isilah ban dengan angin biasa, sebaiknya gunakan pengisian ban dengan nitrogen karena lebih awet (tidak mudah berkurang) dan lebih ringan tentunya. Ceklah secara rutin tekanan ban motor setiap seminggu sekali dan tambahlah jika sudah berkurang. Untuk ban mobil dapat dicek maksimal sebulan sekali, tergantung dari pemakaian kendaraan, sebaiknya seminggu sekali.

Jadikanlah pengecekkan tekanan ban ini sebagai aktivitas rutin, agar keselamatan dan kenyamanan berkendara dapat terjaga. Selain itu tekanan ban yang sesuai akan menghemat pemakaian BBM dan ban kendaraan anda mejadi lebih awet tentunya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengukur Tekanan Ban dengan Mudah
Ditulis oleh Selvi M.
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2013/11/cara-mengukur-tekanan-ban-dengan-mudah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.