Cara Membuka Door Trim/Panel Pintu All New Xenia/Avanza

Posted by Unknown Senin, 13 Januari 2014 2 komentar
Membuka Door Trim/Panel Pintu Mobil All New Xenia/Avanza
Door Trim atau Backleading atau panel pintu/bagian dalam pintu mobil All New Avanza/Xenia memiliki kesamaan, sehingga cara membukanya pun sama persis karena bentuk dan letak skrup-skrupnya pun sama. Tujuan kita membukanya adalah untuk berbagai keperluan, seperti: memasang central lock actuator/pistol/motor lock dan peralatan central lock lainnya, mengecek salah satu pintu mobil tidak terkunci baik menggunakan remote atau pun central lock, kaca jendela macet, atau hanya sekedar ingin melihat bagian dalam pintu mobil saja dan berbagai keperluan lainnya. Barangkali ada yang mencari cara untuk membuka door trim ini, karena jika belum tahu teknik untuk membukanya akan sangat sulit untuk membukanya bahkan akan merusak door trim/backleading/panel pintu mobil kesayangan. Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini kita akan membahas cara membuka doortrim All New Avanza/Xenia.

Cara membuka pintu bagian dalam All New Avanza/Xenia kita hanya butuh peralatan berupa obeng plus, pada setiap mobil All New Avanza/Xenia alat ini sudah tersedia dalam kantong peralatan. Kita tidak memerlukan alat-alat lainnya, karena kita hanya perlu membuka 4 buah skrup, yaitu 2 (dua) skrup di bagian luar, dan 2 (dua) skrup di bagian dalam. Selebihnya hanya menggunakan jari-jari tangan saja sudah sangat cukup tanpa perlu menggunakan alat-alat lainnya karena hanya menariknya agar pin/klip dan kaki-kaki panel pintu terlepas dari lubangnya.
  • Langkah pertama adalah membuka 2 (dua) buah skrup yang terlihat dengan menggunakan obeng plus, setelah skrup terlepas.
    Melepas Skrup Panel Pintu 1

    Melepas Skrup Door Trim 2
  • Langkah selanjutnya melepaskan dudukan tempat tombol-tombol power windows dengan menggunakan tangan saja, yaitu dengan menarik ke atas bagian tepinya dengan jari jemari tangan kita agar kaki-kakinya terlepas dari lubangnya, setelah terlepas selanjutnya melepaskan colokan kabel ke tombol tersebut, serta letakkan bagian tersebut pada tempat yang aman seperti di atas jok mobil.
    Melepas Dudukan Tombol Power Windows

    Menarik Dudukan Power Windows

    Dudukan Tombol Sudah Dilepas
     
     Melepas Soket Kabel Power Windows
  • Selanjutnya membuka kembali 2 skrup bagian dalam yang terlihat setelah dudukan tombol-tombol windows terbuka.
    Melepas Skrup Door Trim Bagian Dalam 1

    Melepas Skrup Panel Pintu Bagian Dalam 2
  • Setelah semua baut dilepaskan, langkah terakhir adalah menarikkan doortrim agar pinnya terlepas yang ditandai dengan bunyi keras dan setelah semua pin terlepas, kita hanya perlu menarik dan melepaskan doortrim dan meletakkannya di tempat yang aman seperti di atas jok mobil.
    Menarik dan Melepaskan Klip/Pin Door Trim
  • Dan langkah paling akhir adalah melepaskan plastik penutup bagian dalam pintu agar bisa melihat ruang di dalam pintu. Caranya cukup menarikkan plastik tersebut, maka lem berwarna hitam seperti aspal akan lepas, dan jika ingin memasangkan kembali, kita hanya perlu menempelkan plastik tersebut sesuai dengan posisinya sebelumnya. Lepaskan saja plastik seperlunya, contohnya hanya setengah bagian, agar tidak robek dan dapat dipasang kembali dengan mudah.
    Penel Pintu Sudah Dilepas

    Melepas Plastik Penutup Door Trim

    Ruang Bagian Dalam Door Trim Sudah Terbuka

Sedangkan cara untuk menutupnya kembali adalah kebalikan dari langkah membukanya seperti di atas, yaitu dengan cara:
  • Melekatkan kembali plastik penutup bagian dalam, memasang penutup bagian dalam yang besar (doortrim) dan ditekan-tekan pada bagian tepinya agar semua pinnya bisa masuk, dan lakukan dengan hati-hati dan tepat agar posisi pin pas masuk ke dalam lubangnya dan door trim terpasang dengan rapat dan memasang skrup (2 skrup), memasang kembali kabel dan memasang dudukan tombol-tombol pada bagian tengah pintu dengan cara menekannya agar semua kaki-kakinya masuk ke dalam lubang dengan rapat. Dan yang terakhir adalah memasangkan kembali 2 (dua) skrup bagian luar yang dapat dilihat.

Demikian cara membuka dan menutup door trim/panel penutup pintu mobil Daihatsu All New Xenia atau Toyota All New Avanza.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuka Door Trim/Panel Pintu All New Xenia/Avanza
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/01/cara-membuka-door-trim-panel-pintu-all-new-xenia-avanza.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Pintu kiri xenia trkunci. Bgmn membuka doortrim dlm kondisi pintu terkunci

Daihatsu Bogor - Hot Promo mengatakan...

Hebat Tips Cara Membuka Door Trim/Panel Pintu All New Xenia/Avanza yang sangat berguna sekali ini. Sekalian infonya juga Promo Daihatsu Xenia Bogor Tajur

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.