Cara Mengatasi Central Lock Macet atau Rusak

Posted by Unknown Sabtu, 18 Januari 2014 46 komentar
Mengatasi Central Lock Macet
Central lock merupakan fitur yang mempermudah dalam mengunci dan membuka pintu mobil, karena hanya dengan menekan satu tombol saja, maka semua pintu akan terkunci atau pun tertutup. Namun, jika karena sesuatu hal yang menyebakan central lock macet atau mengalami kerusakan, maka proses penguncian pintu pun menjadi sulit kembali karena perlu dilakukan secara manual untuk setiap pintu. Oleh karena itu, melakukan perbaikan terhadap central lock yang rusak atau macet merupakan tindakan yang paling tepat agar fitur yang memudahkan penguncian dan pembukaan kunci pintu mobil didapatkan kembali.
 
Central Lock terdiri dari:
  1. Motor Central Lock, yang sering disebut dengan Lock Actuator atau Pistol Central Lock, yang terdiri dari 2 (dua) macam, yaitu Master Central Lock yang terdiri dari 5 (lima) kabel dan Slave Central Lock yang terdiri dari 2 (dua) kabel. Master Central Lock ini berfungsi untuk mengatur motor lock lainnya (Slave Central Lock) yang terdiri dari 2 kabel, ketika master ini bergerak mengunci, maka motor lock lainnya pun ikut mengunci, begitu juga jika master terbuka, maka seluruh slave central lock (2 kabel) akan terbuka.
    Master Central Lock (5 Kabel)
  2. Modul Central Lock (Central Lock Module), yang berfungsi sebagai relay atau meneruskan perintah dari motor lock utama (master central lock) untuk mengunci dan membuka. Central Lock Module ini terdiri dari sebuah papan sirkuit terdiri dari jalur-jalur dan peralatan listrik elektronik untuk mengatur kerja dari Motor Central Lock.
    Central Lock Module
  3. Kawat Penghubung, merupakan penghubung dari motor lock ke penggerak pengunci mobil. Sehingga jika pengunci mobil digerakkan baik dengan anak kunci atau tombol pengunci, maka motor lock pun akan ikut bergerak.
  4. Kabel Set, kabel ini berfungsi untuk menghubungkan Motor Central Lock dengan Central Lock Module.
Penyebab Kerusakan Central Lock:
Kerusakan Central Lock di sini adalah macetnya central lock atau central lock macet atau tidak bekerja dengan baik ketika digunakan atau ketika menekan tombol lock dan unlock pintu mobil. Kerusakan ini dapat terjadi pada beberapa bagian central lock atau hanya pada salah satu peralatan central lock mobil yang terpasang.

Cara Mengecek Kerusakan Central Lock:
  1. Apakah central lock dapat bekerja ketika menggunakan remote dan ketika hanya menggunakan tombol saja. Jika CL tidak bekerja ketika menggunakan remote saja berarti motor locknya dalam keadaan baik atau tidak rusak. Namun, jika pintu tidak dapat mengunci dengan menggunakan remote atau pun dengan cara manual yaitu dengan dengan meng-lock dan meng-unlock melalui tombol pintu atau menggunakan anak kunci, maka kemungkinan besar yang rusak adalah pada motor lock yaitu yang terdapat pada Master Central Lock atau Slave Central Lock. Jika kerusakan pada motor lock/pistol central lock yang terdapat pada pintu sopir, maka seluruh pintu tidak dapat dilock atau pun unlock, namun jika kerusakan pada Slave Motor Lock yaitu hanya salah satu kunci saja yang tidak bekerja central locknya. Selain itu silakan dicek apakah kawat penghubungnya yang lepas atau posisi motor lock yang tidak pas, silakan dicek skrup motor locknya.
  2. Jika central lock tidak bekerja ketika menekan tombol lock dan unlock atau menggunakan remote, namun terdapat bunyi cik-cik dari central lock module/relay central lock, kemungkinan besar ada kerusakan pada module/relay central lock. Silakan dibuka penutupnya, apakah ada jalur yang terputus.
  3. Hal pertama yang perlu dicek ketika central lock macet adalah apakah kabel power (merah) yang berisi aliran listrik (+) tersambung atau tidak. Kemudian hal yang cukup berperan agar central lock dapat bekerja adalah kabel massa/body (hitam) apakah tersambung tepat dengan body kendaraan atau tidak, karena jika tidak tersambung atau tidak tepat mengenai massa/body kendaraan hal ini sangat sering menyebabkan central lock tidak bekerja. Namun, tanda-tanda jika salah satu atau kedua kabel ini tidak terhubung atau tidak tersambung adalah tidak adanya tanda suara cik-cik yang keluar dari modul central lock.
Pengalaman Penulis ketika Macetnya Central Lock:
  1. Pengalaman Pertama Central Lock tiba-tiba tidak bekerja, biasanya akibat kabel hitam kurang tepat.
  2. Pengalaman Kedua Central Lock tidak bekerja, namun pada central lock module masih terdengan bunyi cik-cik. Dan tegangan kabel dari module masih bekerja, yaitu terjadinya perbedaan tegangan (voltase) ketika tombol lock-unlock dimainkan. Setelah dicek menggunakan remote, Central Lock masih bekerja. Kemudian dicoba dengan mengganti Master Motor Central Lock/Lock Actuator/Pistol Central Lock, tetap saja tidak bekerja. Akhirnya penulis mencoba untuk membuka tutup Central Lock Module/Relay dan mengecek jalur-jalur pada papan sirkuit, ternyata ada salah satu jalur yang terputus. Setelah dilakukan penyambungan kembali dengan menggunakan solder listrik, dan dipasang kembali di mobil, akhirnya central lock tidak macet lagi dapat dapat bekerja dengan baik.
    Central Lock Module Macet
Demikian, Cara mengatasi Central Lock Macet atau Rusak.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengatasi Central Lock Macet atau Rusak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/01/cara-mengatasi-central-lock-macet-atau-rusak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

46 komentar:

Arif mengatakan...

Mau tanya om.klo lock via remote ok tapi unlock via remotenya nggak bisa,cuman bunyi aj.trus klo lock n unlock tombol sopir ok.itu apa penyebabnya om.matur suwun sebelumnya

http://libomarema.blogspot.com/ mengatakan...

om modul central lock bunyi cik cik saat d mainkan naek trun motor lock tpy g mau konek pintu xg laen knp ?

Unknown mengatakan...

Mff tanya klo kunci pintu normal tp kaca pintu tidak mau naik turun dn hnya di samping kremudi aja yg jalan solusinya bgmana

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Om ane mau tanya.lampu remot ane nyala terus,trus. Remotnya jadi ga bisa pungsi,udh coba pke remot cadangan tapi tetetp ga bisa

Unknown mengatakan...

Om ane mau tanya.lampu remot ane nyala terus,trus. Remotnya jadi ga bisa pungsi,udh coba pke remot cadangan tapi tetetp ga bisa

Unknown mengatakan...

baru dua bulan yang lalu saya beli avanza velos, remot berfungsi normal tapi anehnya saat membuka menggunakan remot, pintu supir tidak unlock padahal pintu lainbterbuka, kira-kira apa ya masalahnya??? mohon bantuannya bos

Unknown mengatakan...

Terimakasih hoss, sangat membantu

i z r a i l mengatakan...

central lock kadang mau..kadang enggak mau...itu gimana ya gan cara memperbaikinya ?

i z r a i l mengatakan...

central lock kadang mau..kadang enggak mau...itu gimana ya gan cara memperbaikinya ?

Unknown mengatakan...

Mau tanya om.. sliding door sebelah kiri gak bisa dibuka dr dalam dengan tuas. Klo nutup pakai tuas dlm bisa. Jadi klo mau buka dr dlm harus dr tombol pintu elektriknya. Itu kenapa ya? Trims

jokolelono mengatakan...

numpang nanya gan remot aye kadang ga bisa padahal batrey baru

jokolelono mengatakan...

numpang nanya gan remot aye kadang ga bisa padahal batrey baru

Unknown mengatakan...

Om mau nanya dong...kenapa ya kok sentra lock dan power wondow pada all new yaris tidak berfungsi..alias mati...
Dan dicek skring di bawah stir tidak ada arus nya...

Unknown mengatakan...

Om mau nanya dong...kenapa ya kok sentra lock dan power wondow pada all new yaris tidak berfungsi..alias mati...
Dan dicek skring di bawah stir tidak ada arus nya...

wiega mengatakan...

Kok gk ada yg djawab pdhl gua lagi ngadepin mslh yg sama

Unknown mengatakan...

Terima kasih telah berbagi pengalaman mengatasi central lock rusak/macet. Kemarin, saya baru bongkar central lock mobil Hyundai ATOZ kesayangan. Gejalanya ketika pintu sopir di lock/unlock dengan cara manual atau menggunakan kunci remote, Central lock hanya berfungsi di pintu sopir, tiga pintu yang lain tak bekerja. Setelah saya buka modul central lock, terlihat dua komponen transistor (komponen yang mempunyai 3 kaki) terputus dari rangkaian karena berkarat. Setelah saya solder kembali ke dalam rangkaian, central lock dapat berfungsi kembali secara normal. Nice sharing!

Unknown mengatakan...

Gan boleh mnta skema pemasangan nya gak untuk kijang lgx, soalnya saya abis masang tapi door locknya gk ke kunci otomatis, alarm yg lama saya auto2000 nah yg baru merk fortech, kira2 apanya ya??

Unknown mengatakan...

Gan boleh mnta skema pemasangan nya gak untuk kijang lgx, soalnya saya abis masang tapi door locknya gk ke kunci otomatis, alarm yg lama saya auto2000 nah yg baru merk fortech, kira2 apanya ya??

Unknown mengatakan...

Maaf Om saya mau nanya centralok mobil daya bisa mbuka auto tpi ga bisa ngunci auto/pake remot apa penyebabnya kira2 Om terimakasi sbelumnya

kendilo mengatakan...

Selamat siang Gan, saya mau tanya. PINTU SUPIR Avanza velos saya jika dilock dengan remot pintu terkunci dan (mungkin) tidak sempurna (alarm berbunyi setelah beberapa menit) dan jika dibuka dengan remot (PINTU SUPIR) masih tetap terkunci sedangkan pintu yang lain-nya normal. Avanza velos-nya sudah 2 tahun dan selalu di lock/unlock dengan remot. Mohon pencerahan dan bantuannya. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Numpang share om saya punya kuda super exceed. Kadang2 central lock saya tidak berfungsi kalo pake remot tapi nanti berfungsi lagi. Kadang mcet kdang waras. Mhon pencerahannya om kenapa dgn central lock saya. Di bagian relay kalo pake remot bunyi klik. Tapi central lock tidak mau berfungsi. Kira2 kenapa ya?

Unknown mengatakan...

Numpang share om saya punya kuda super exceed. Kadang2 central lock saya tidak berfungsi kalo pake remot tapi nanti berfungsi lagi. Kadang mcet kdang waras. Mhon pencerahannya om kenapa dgn central lock saya. Di bagian relay kalo pake remot bunyi klik. Tapi central lock tidak mau berfungsi. Kira2 kenapa ya?

Entreprenuar Ship / wa. 085386269941 mengatakan...

Numpang tanya om, saya punya all new xenia, setiap kali on remote berbunyi seperti gergaji di bag pintu kemudi tp bunyi alram nomal,u lok nya aktf, tapi ketika membuka bunyi tapi status pintu tetap lock."pintu harus buka manual". mohon bantuanya, selain ganti baru kir2 apa solusinya, krn setelah sy buka pintunya, sentral lock nya nga bisa di bongkar (bagian atas bawa menyatu)

trm kasih mohon bantuanya email. sejahterapratama@gmail.com atau 0853 8626 9941.

salam

Wakidi

Unknown mengatakan...

Jazz saat dilock/unlock tidak ada suara klaksonnya..sbelumnya pernah copot aki..bgmana cara aktif lg suara klaksonnya.mohon pencerahannya gan

Unknown mengatakan...

Pintu kiri depan g bisa dkunci pake remot atau pakai manual,,,,apanya kira2 boz?

SAINS EXACT mengatakan...

Trimakasih karena jadi menambah wawasan untuk mengetahui prinsip kerjanya sehingga dapat memutuskan untuk mengganti atau memperbaiki yang rusak

Unknown mengatakan...

terimakasih, infornya sangat membantu

Unknown mengatakan...

Met malam agan - agan para suhu saya ada masalah dengan pintu di bagian sopir mobil saya,gak bisa di buka dengan remot atau pun kunci di remot bunyi az cik cik,tp tetep gak mau kebuka dan pas di buka tutup pintux posisi yang seperti pistol lengket trus keadaan ter kunci kira...kira masalahx dimana ya...tlong para suhu senior mohon bagi pengalamanx.

Unknown mengatakan...

Thanks bro,anda orang yg semangat memecahkan masalah,sama pengalaman saya...2 hari bongkar

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya ingin bertanya saat saya mau kunci mobil pake remot gak mau pungsi pdahal lampu pada remot hidup namun kalow kunci manual mau..dan saat mesin di hidupkan biasanya otomatis terkunci tapi tidak mau...apa ya penyebabnya mobil suzuki splash...

Unknown mengatakan...

Saya mau bertanya.. mobil vios saya pake kunci bisa pake remote juga bisa ngunci... Tp pada waktu terkunci saya buka pintunya bisa terbuka dan alarm berbunyi.. kan seharusnya alarm berbunyi pintu masih terkunci/gak bisa terbuka... Gimana solusinya!

Unknown mengatakan...

Sama gan. Sudah ada solusi belum?

Ronal mengatakan...

Bos nanya bos. Bagaimana cara mengatasi central lock dikunci malah membukak tiga pintu. Hanya sebelah sopir yg terkunci. Mohon bantuanya

Pay mj mengatakan...

Csama persis punya saya, apakah sudah ada solusi? Mohon sharing dong...

chintia lim mengatakan...

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Unknown mengatakan...

Cek kabel mungkin ad yang berjamur atau lepas.... Dan coba ganti central lock nya

Unknown mengatakan...

Sy mau nanya,mbl sy rush 2011,masalah di kunci mbl sy adalah pada saat saya berhenti kemudian matikan mesin mbl kunci otomatis langsung terbuka seperti biasa namun yg berubah of saat sy naik kembali kemudian hendak tutup pintu br setengah tertutup sdh terkunci otomatis,mohon saran dan solusinya

Hans25 mengatakan...

Ada saklar yg berfungsi mengatur apakah pintu penumpang bisa membuka kaca jendela atau tidak, coba dicek dahulu..

Hans25 mengatakan...

Biasanya komponen yg bermasalah itu..

Hans25 mengatakan...

Di bagian dalam tuas ada saklar open close nya mas, pasti salah 1 ada yg masalah tuh...

Hans25 mengatakan...

Kabel mas..
Dicek dahulu...

Hans25 mengatakan...

Bongkar pintunya mas,ada tuas yg terpasang dr motor lock ke kaitan kunci, sepertinya longgar atau lepas..

Hans25 mengatakan...

Kabel pada motor lock di bagian supir dibalik mas, positif dan negatifnya ditukar posisi..

Hans25 mengatakan...

Di pinggir pintu ada saklar nya tuh mas, coba di cek..

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.