Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat dan Mudah

Posted by Unknown Senin, 30 September 2013 27 komentar
Cara Mengatasi Cegukan
Cegukan dalam bahasa inggris (hiccups/hiccough) dan bahasa medisnya adalah singultus (bahasa latin) adalah suatu keadaan di mana terjadinya kejang atau kontraksi pada bagian otot diafragma (rongga yang terletak di bawah paru-paru) setelah 0,25 detik diikuti dengan menutupnya pita suara dengan cepat akibat kontraksi/kejang yang menimbulkan bunyi (hiccups/singultus) pada pita suara, keadaan ini disebut singul (asal kata singultus). Keadaan ini menimbulkan gejala rasa tidak nyaman dan sakit ketika kejang sedang terjadi. Cegukan ini dapat disebabkan oleh berbagai sebab di antaranya adalah disebabkan oleh tersumbatnya makanan pada saluran pencernaan/saluran makanan bagian atas, di mana makanan yang masuk terlalu banyak dan cepat (makan terburu-buru), sehingga saluran makanan melebar dan sulitnya berpindah ke bagian bawah karena kontraksi esofagus tidak memadai untuk mendorong makanan yang banyak dan cepat/sekaligus ini di tambah dengan kurangnya pelicin saluran tersebut. Selain itu cegukan dapat disebabkan tertawa yang berlebihan :) gas makanan, penyakit ginjal, emosi berlebihan, penyakit tumor otak dan berbagai sebab lainnya yang tidak diketahui karena terlalu banyak. Untuk itu kita perlu mengatasi cegukan tersebut dengan cepat.

Setiap orang pasti sudah mengalami yang namanya cegukan/seduk, dan lain-lain. Karena nama tiap daerah tentu akan berbeda, untuk daerah penulis sendiri cegukan ini disebut dengan seduk atau sedukan. Keadaan ini dapat menghinggapi mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa dan lanjut usia. Gejalanya hampir mirip dengan orang tersedu-sedu, namun jika nangis tersedu yang kejang adalah saluran napas bagian atas. Hal ini pulalah kenapa cegukan juga disebut singultus, yaitu berasal dari kata singul (tersedu-sedu akibat menangis).

Jika semuanya sudah pernah mengalami tentunya merasa tidak nyaman, bukan? Dan ingin sekali cegukannya berhenti dengan cepat. Ada yang menggunakan cara menarik napas panjang, dan lain-lain. Di sini penulis akan memberikan cara menghilangan cegukkan dengan lebih mudah dan cepat. Terutama bagi anda yang sedang mengalaminya saat ini atau hanya sekedar persiapan jika terjadi hal demikian. Atau untuk membantu keluarga (orang tua, pasangan, anak), tetangga, teman, dll. Untuk itu mari ikuti caranya di bawah ini. Metode yang digunakan cukup mudah dan sangat mudah dilakukan siapa saja, penasaran? Mari baca teknik mengatasi cegukkan di bawah ini.

Bagaimana cara menghilangkan/mengatasi cegukan?
Cara cukup mudah yaitu, dengan cara minum air putih, cukup satu gelas saja. Ditambah dengan menoleh ke arah kanan, yaitu menolehkan leher dan wajah ke arah kanan. Dengan begini saja sudah cukup menyembuhkan cegukan yang dialami dan sangat mengganggu kenyamanan. Yaitu ambil air putih satu gelas, kemudian langsung diminum/teguk dan dilanjutkan dengan menoleh ke arah kanan/ke samping kanan badan kita.

Silakan disimpang cara/teknik ini ke dalam ingatan, jika diperlukan maka dapat digunakan baik untuk pengobatan sendiri atau pun untuk orang lain. Teknik ini pun dapat dibagi dengan orang lain baik yang belum mengalami, sedang mengalami, atau pun telah mengalaminya. Semoga cara ini dapat membantu kita semua dan selalu mendapatkan kebaikan dari yang di atas. Cara ini tentu sudah banyak yang tahu dan sering menggunakannya termasuk penulis sendiri.

Namun, ada beberapa cegukan yang tidak bisa hilang hingga beberapa jam bahkan hari. Untuk cegukan yang seperti ini perlu diatasi dengan berbagai obat-obatan baik pengobatan medis maupun non medis (tradisional). Untuk pengobatan medis biasanya dengan menggunakan obat-obatan anti kejang untuk kejang saluran makanan dan pengobatan tradisional dapat juga menggunakan air aren, yaitu air yang sering digunakan untuk membuat gula aren (gula merah) agar saluran makanan menjadi lebih licin dan dapat mengurangi ketegangan saluran makanan tersebut. Jika masalah belum juga teratasi, silakan hubungi pusat pelayanan kesehatan terdekat seperti Praktek Dokter, Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit, Pengobatan Tradisional, dan lain-lain.

Demikian cara mengatasi cegukan dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi pembaca yang sedang mengalami keadaan cegukan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat dan Mudah
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2013/09/cara-mengatasi-cegukan-dengan-cepat-dan-mudah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

27 komentar:

myspaceblog mengatakan...

dah noleh tapi kok tetep cegukan ya

Unknown mengatakan...

nolehnya kurang lama kali

Unknown mengatakan...

Iya sama masih cegukan...tapi setelah saya coba lagi sambil dikombinasikan dengan menghirup udara dalam2 dan membuangnya lewat mulut langsung hilang cegukannya...!!

Unknown mengatakan...

Bakal kumat lgi gx ini

Alumni Biologi GadjahMada 78 mengatakan...

100 persen ok

Giyo Bares (BarEs waE) mengatakan...

cegukan sangat mengganggu

queenara putri mengatakan...

boleh di coba nich tips mengatasi cegukannya..sangat bermanfaat mas.

Unknown mengatakan...

Mantap mujarab bro..

Najla Alliya mengatakan...

cara menghentikan cegukan yang lengkap gan

Unknown mengatakan...

Sy prnh coba dgn tahan nafas,dan hslnya oke bngt dah..silakan coba bro!

Muhammad Yaser mengatakan...

Kami dari team kesehatan merasa sangat bermanfaat atas informasi yang anda berikan. Terima kasih atas informasinya dan kunjungi juga situs kami untuk membuka wawasan anda mengenai masalah kesehatan lainnya disini : Bisikan Sehat

Kami juga menunggu komentar anda yang relavan. Salam :)

Unknown mengatakan...

terimakasih tips nya sangat membantu orang awam seperti saya
Inzanami

Unknown mengatakan...

Thanks resensi, sy sudah coba sambil mengkombinasikan dengan menarik nafas lewat hidung dan membuang lewat mulut sekitar 1 menit.... dan hasilnya lgsung berhenti cegukannya...

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah cegukan ayah saya langsung berhenti
Terimakasih tips nya :)

Unknown mengatakan...

Trima ksih atas info cara nya ,, cegukan saya lgsg hilang

Unknown mengatakan...

Trima ksih atas info cara nya ,, cegukan saya lgsg hilang

Unknown mengatakan...

Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

dr rochelle skin expert
cream pemutih wajah
produk kecantikan wajah
kosmetik wajah
pemutih wajah
anak perempuan cantik

Unknown mengatakan...

Langsung hilang terima kasih semoga sukses.

Unknown mengatakan...

Terima kasih

Joko Iskanto mengatakan...

Cara lain bisa tarik nafas dalam2..kemudian keluar kn pelan2..cegukan langsung hilang..

Unknown mengatakan...

Masukkan balasan Anda...tks ya... cegukan ku ilang dgn menghirup udara dlm2 dan buang lewat mulut.. pdhl 2 jam cegukannya. bntar aja langsung ilang.... makasih

Unknown mengatakan...

Ampuh, terimakasih atau tekniknya, muantafff, sedukannya langsung berhenti

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ilmu yang bermanfaat... Cegukan sembuh seketika... Trmks

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ilmu yang bermanfaat... Cegukan sembuh seketika... Trmks

Unknown mengatakan...

bener bgt ini ilmunya... terimakasih mas cegukan saya langsung hilang seketika. sip bgt infonya

Unknown mengatakan...

Mantaaaap

Unknown mengatakan...

Trims infonya,sangat2 brmanfaat dan mujarab

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.